Kamis, 08 Mei 2014

Jimmy Page Membongkar Arsip Lama Led Zeppelin demi Rilisan Ulang Istimewa

Kurang lebih 45 tahun silam, Jimmy Page telah merekam porsi gitarnya untuk lagu “Whole Lotta Love” di Olympic Studios, London. Kini, di kota yang sama namun di ruangan yang berbeda dan dirahasiakan, Page sibuk mengulik kembali demo rekaman itu bersama dengan seluruh master rekaman dari segenap perjalanan karir Led Zeppelin.

Page telah menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dengan menyepi dalam ruang tersebut, demi mendengarkan kembali setiap rekaman Zeppelin dan menyortir lagu-lagu yang jarang dimainkan, versi-versi alternatif, atau bootleg. Melewati upaya melelahkan itu, Page ingin merilis kembali kesembilan album Zeppelin dalam versi deluxe yang lebih prestisius.

Target Page untuk album-album tersebut ialah memuaskan penggemarnya dengan bonus materi yang belum pernah mereka dengar. “Saya tak ingin merilis album kompilasi dimana 90 persen materi di dalamnya sudah mereka dengar lewat bootleg,” ujarnya kepada Rolling Stone.

“Saya bertanya pada seseorang yang memiliki fanzine, apakah ia pernah mendengar salah satu dari materi ini sebelumnya. Ia bilang ia belum pernah mendengarnya. Itu yang saya cari,” imbuhnya.

Versi rilisan ulang dari Led Zeppelin I, Led Zeppelin II dan Led Zeppelin III diagendakan untuk rilis pada 3 Juni mendatang, sementara Led Zeppelin IV, Houses of the Holy, Physical Graffiti, Presence and In Through The Out Door diwacanakan Page untuk segera menyusul.

Meski sang vokalis, Robert Plant tak melibatkan diri secara langsung dalam proyek tersebut, ia mengaku senantiasa memberikan restu dan dukungannya pada Page.

Sebagai bocoran, untuk versi rilisan ulang dari Led Zeppelin IV - yang direncanakan akan kelar tahun ini – Page juga menjanjikan adanya versi berbeda yang belum pernah tersentuh bootleg dari salah satu lagu rock paling diagungkan, “Stairway to Heaven”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

About