Minggu, 11 Mei 2014

Sampul Nevermind Milik Nirvana Hampir Memakai Model Bayi Perempuan

Sebuah fakta unik dilansir majalah Spin: Sampul album Nevermind (1991) milik band grunge legendaris Nirvana nyaris memakai model bayi perempuan. Hal tersebut diceritakan oleh Kirk Weddle, fotografer iklan spesialis foto bawah air yang disewa oleh label rekaman DGC Records untuk pembuatan sampul album ikonik tersebut.

Weddle bercerita, pada saat itu ia adalah seorang fotografer yang kebanyakan memotret mobil-mobil untuk brosur dan lain-lain. Dan ia sama sekali tidak mengenal Nirvana sebelumnya. “Aslinya Kurt (Cobain, vokalis/gitaris) menginginkan gambar seorang anak yang lahir di bawah air, tapi Geffen berpikir itu agak ekstrem. Saya tidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa mengejar keuntungan adalah apa yang label incar, tapi kelihatannya seperti itu,” katanya.

Maka konsep untuk sampul album tersebut berubah menjadi foto bayi yang sedang berenang. Spencer Elden, bayi laki-laki anak teman Weddle yang ketika itu berusia tiga bulan, adalah model yang terpilih. “Kami memotret Spencer — sekali celup, memberinya sebuah dorongan kecil, bang bang bang — dan jadilah, setengah gulung film,” kata Weddle lagi. “Tapi itu sebuah hal yang sulit untuk memberikan hasil ke klien, seperti, ‘Nih fotomu, berikan saya ceknya,’ dan di foto itu juga kelihatan penis.”

Akhirnya Weddle memutuskan untuk pergi ke sebuah sekolah tempat bayi-bayi diajari berenang. Kemudian di sana Weddle memilih seorang bayi perempuan untuk ia potret. “Label kemudian melihat foto-foto itu dan mereka seperti, ‘Kami ingin penis, kami ingin penis.’ Itu aneh. Saya tidak tahu sama sekali siapa bayi perempuan itu dan di mana dia sekarang. Saya ingin tahu apa yang sekarang terjadi padanya,” imbuhnya.

Pada tahun 2007, Spencer Elden pernah menyatakan kepada MTV bahwa ia merasa malu karena telah tampil bugil di sebuah album yang sangat terkenal. “Saya merasa seperti seorang bintang porno terbesar di dunia,” katanya. Namun demikian, Elden telah dua kali dipotret oleh Rolling Stone — yang pertama untuk peringatan 10 tahun album Nevermind pada 2001 dan kedua pada tahun 2008 dengan bayaran 1000 dollar Amerika Serikat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

About